Serba Putus Asa

Jumat, 21 September 2012

Ahmad seorang mahasiswa semester akhir yang harus segera menyelesaikan skripsinya. Dia dapat peringatan baik dari kedua orang tuanya maupun pihak kampus. Iapun bahkan sudah mengalami keputus asaan, waktunya ia gunakan untuk bersenang-senang demi menghilangkan stresnya.
Karena sudah hampir satu tahun ia tidak bisa menyelesaikan pembuatan skripsi. Sehingga ia merasakan kejenuhan, apa lagi ditambah pihak orang tua yang menuntut segera lulus. Ingin melihat anak kesayangannya memakai toga wisuda.
Dalam kesendiriannya menikmati kopi di warung makan, ia teringat dengan gurunya Pak Muh. Lalu ia mengambil handphone dan menelponnya.
“Assalamualikum.”
“Waalaikumsalam.”
“Maaf Pak Muh menganggu waktu maghribnya. Saya ingin konsultasi sedikit.”
“Silahkan. Banyak juga boleh,” sahut Pak Muh
Ahmad menceritakan keluhannya, bahwa ia kesulitan menyelesaikan pembuatan skripsinya dan ia dituntut untuk segera lulus. Ia mengatakan, tiap kali ingin bertemu pembimbing selalu tidak ada. Jika sampai bertatap muka dengan pembimbing skripsi, ia selalu mendapatkan kritikan dan suruh merevisi.
“Bagaimana solusinya?” tanya Ahmad
“Jika Allah selalu mengabulkan doa anda, tentu anda tidak akan menikmati ikhtiar atau usaha,” jawab Pak Muh singkat.
Ahmad hanya bisa mendapatkan jawaban itu. Ia kembali untuk merenungkan kata-kata Pak Muh. “Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia; dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa.” (QS. Al-Israa: 83).
Bagi seseorang harus ada usaha dan sikap optimis, sebab sikap optimis akan selalu mengatakan hal baik. “"Tidak ada Adwa (penularan penyakit) dan rasa putus asa,  tetapi optimis (alamat baik) yang Saya cintai, yaitu kata-kata yang baik." (HR. Bukhari dan Muslim)

Semarang, 18/09/12

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mahasciena
Copyright © 2011. Mahasciena - Lukni Maulana - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Lukni Maulana
Present by Rumah Pendidikan Sciena Madani